Sabtu, 04 Januari 2014

Strategi 4P Sebelum Memulai Wirausaha


Mempunyai usaha merupakan keinginan banyak orang. Sangat menyenangkan membesarkan usaha milik sendiri. Lalu pertanyaannya bagaimana cara memulai usaha baru dari bawah? Sebenarnya cara untuk memulai usaha sangatlah mudah. Yang dibutuhkan hanya dengan mempunyai impian. Karena dengan impian kita dapat menciptakan ide usaha yang luar biasa, hingga akhirnya ide usaha tersebut direalisasikan menjadi sebuah peluang usaha baru yang menguntungkan. Selain itu kita juga harus mengetahui strategi apa saja yang perlu diperhatikan dalam pemasaran produk yang akan dijalani. Strategi itu mencakup 4P antara lain :






  • Product
Menentukan produk yang akan ditawarkan ke pasar umumnya terjadi pada langkah awal dan ide yang didapatkan dari berbagai sumber. Cara termudahnya dengan membandingkan produk yang dijual dan melakukan riset kecil ke target pasar mengenai keuntungan dan kekurangan dari produk yang akan dipasarkan. Hasil risetnya diharapkan memberikan suatu informasi yang lebih akurat bagi pebisnis mengenai prospek pasar yang akan dimasuki dan produk macam mana yang diharapkan oleh target pasar.

  • Price
Menentukan harga suatu produk tidaklah mudah. Namun cara umum yang digunakan yaitu dengan menggunakan patokan hitungan biaya produk dari awal hingga sampai dijual. Setiap produknya juga memiliki komponen biaya sendiri, dari awal produksi hingga produk sudah siap dijual.
Dalam menentukan harga berdasarkan biaya dilakukan dengan penambahan presentase margin tertentu ke  biaya produk dan presentase tersebut dianggap sebagai salah satu keuntungan. Presentasenya pun harus sesuai dengan rata-rata margin di pasaran. Adapun kelemahan dalam menggunakan metode ini, seperti produk akan mengalami keunikan. Tapi keunikan yang memiliki daya pembeda produk dari saingannya luput diperhitungkan. Keunikan juga akan mampu membantu produk agar memiliki harga premium di pasar.

  • Placement
Tidak kalah penting juga adalah mengenai produk yang akan ditawarkan tersebut mudah ditemukan oleh target pasar yang dituju. Pada beberapa industri, masalah lokasi atau penempatan sangatlah penting. Karena pada saat memilih lokasi tempat usaha bisa saja mendapatkan lokasi yang buruk, yang akibatnya langsung pada kegagalan dari usaha yang akan dijalankan.

  • Promotion
Aspek yang tidak kalah penting adalah mengenai promosi dari produk, bagaimana suatu produk akan dikenalkan ke pasar, sehingga pelanggan tergerak untuk membelinya. Tetapi biaya untuk promosi juga harus diperhatikan. Jika memulai bisnis, sebaiknya masalah biaya mendapatkan perhatian khusus agar tidak menjadi ganjalan dalam operasional usaha. Tentukan dengan cepat tujuan promosinya, apakah untuk menciptakan kesadaran merk atau meningkatkan penjualan. Jangan lupa untuk menghitung hasil dari kegiatan promosi yang dilakukan apakah sudah sesuai dengan harapan atau masih perlu perbaikan kegiatan promosi untuk kedepannya.

0 komentar:

Posting Komentar