Kamis, 11 Oktober 2012

Tulisan Ilmiah Populer

KHASIAT LIDAH BUAYA





KOMPAS.com - Lidah buaya disebut juga dengan aloevera. Anda pasti familiar dengan tanaman yang satu ini. Tanaman berwarna hijau yang terkenal berfungsi menyuburkan rambut dan melicinkan kulit ini adalah jenis vegetasi yang sering kita temui di halaman rumah.

Tapi tahukah anda bila tanaman ini mempunyai manfaat lain selain untuk kosmetik. Berikut beberapa manfaat tanaman lidah buaya :
1.  Mendinginkan kulit yang terbakar sinar matahari, terutama bagi mereka yang kerap bekerja diluar ruangan.
2. Mengatasi masalah kulit yang disebabkan cuaca, seperti kulit kering, kemerahan, mengelupas, dan iritasi ringan atau ruam.
3.   Memudarkan warna kemerahan pada memar di tubuh.
4.   Mengatasi rasa tidak nyaman yang disebabkan alat cukur.
5.   Mengatasi luka bakar ringan.
6.   Meredakan kulit yang melepuh.
7.   Dapat digunakan sebagai krim anti penuaaan dini atau untuk mengatasi keriput.
8.   Mengobati ruam akibat terkena getah tanaman.
9.   Mengatasi rasa gatal akibat gigitan serangga.
10. Gunakan setiap hari untuk memudarkan bekas luka dan strecth mark, garis-garis putih atau merah akibat kehamilan.
11.  Merawat luka kecil akibat teriris pisau atau tergores.
12.  Memudarkan bintik-bintik kehitaman pada kulit.
13.  Dapat berguna sebagai pengganti kondisioner dan jelly untuk rambut.
14.  Bisa digunakan untuk mengurangi jerawat.
15.  Digunakan untuk mempercepat penyembuhan sariawan.
16.  Dapat digunakan sebagai body lotion alami.
17.  Untuk meredakan otot yang keram atau menegang.
18.  Digunakan untuk mengurangi keluhan pada masalah gusi.
19.  Mengurangi ketombe pada kepala.
20.  Mengatasi kutu air.
21.  Dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan, antara lain cocktail, candy, sirup, selai, cendol.
22.  Membantu mengatasi sejumlah penyakit, antara lain menurunkan kadar gula dalam darah bagi penderita diabetes, mengontrol tekanan darah, menstimulasi kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit kanker, serta dapat digunakan sebagai nutrisi pendukung penyakit kanker, penderita HIV/AIDS.

Tanaman lidah buaya memiliki beragam jenis setidaknya ada sekitar 200 jenis tanaman lidah buaya yang telah diketahui. Dari ke 200 jenis tersebut yang paling bagus digunakan untuk pengobatan adalah jenis Aloevera Barbadensis Miller. Jenis ini setidaknya mengandung 72 jenis zat yang dibutuhkan oleh tubuh.

Dari 72 zat tersebut terdapat 18 macam asam amino, karbohidrat, lemak, air, vitamin, mineral, enzim, hormon, dan zat golongan obat. Antara lain antibiotik, antiseptik, antibakteri, antikanker, antivirus, antijamur, antiinfeksi, antiperadangan, antipembengkakan, antiparkinson, antiaterosklerosis, serta antivirus yang resisten terhadap antibiotik.

Seorang peracik obat-obatan tradisional berkebangsaan Yunani bernama Dioscordes, menyebutkan bahwa lidah buaya dapat mengobati berbagai penyakit. Misalnya bisul, kulit memar, pecah-pecah, lecet, rambut rontok, wasir, dan radang tenggorokan.

Dalam laporannya, Fujio L. Panggabean, seorang peneliti dan pemerhati tanaman obat, mengatakan bahwa keampuhan lidah buaya tak lain karena tanaman ini memiliki kandungan nutrisi yang cukup bagi tubuh manusia. Hasil penelitian lain terhadap lidah buaya menunjukkan bahwa karbohidrat merupakan komponen terbanyak setelah air, yang menyumbangkan sejumlah kalori sebagai sumber tenaga.


ANALISIS :

Tulisan mengenai “Khasiat Lidah Buaya” merupakan tulisan ilmiah populer karena sasarannya adalah masyarakat umum, dimana hampir semua masyarakat mengenal tanaman ini dan kerap digunakan dalam kehidupan sehari-hari.  Isi dari tulisan pun cukup informatif dan mudah ditangkap maksudnya baik untuk masyarakat modern maupun masyarakat awam karena bahasa yang dipergunakan bersifat umum dan tidak menggunakan terminologi khusus yang hanya dipahami oleh ilmuwan atau kelompok tertentu.

0 komentar:

Posting Komentar